Jumat, 16 November 2012

Penyakit pada Iguana

     Di pembahasan sebelum nya saya membahas salah satu reptil peliharaan saya yaitu leopard gecko, sekarang saya akan membahas tentang iguana yang saya pelihara juga, pertama kita kenal dulu penyakit-penyakit pada iguana, agar tidak terserang penyakit nya.


1. Fibrous Osteodystrophy atau Penyakit Tulang Metabolik
Penyakit  ini muncul akibat gizi dan makanan yang buruk. Ada baik nya kita memberi makan sesuai keperluan iguana, tidak melibihi batas dan tidak mengurangi batas, jangan lupa jemur di matahari pagi agar iguana dapat asupan vitamin.

2. Kelumpuhan Kaki Belakang
Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan vitamin B1. Untuk menyembuhkan kondisi ini, dokter hewan biasanya akan menyuntikkan vitamin dan mineral serta merekomendasikan perubahan pakan iguana.

3. Hidung Lecet
Ketika tidak merasa nyaman di lingkungan barunya, iguana akan mencoba melarikan diri dari kandang sehingga menyebabkan goresan dan lecet pada hidung dan wajah. ini dialami nyaris oleh semua iguana, karena iguana butuh lingkungan yang luas, jika sudah terlanjur lecet cukup oles antiseptik dan mandikan dengan air PK secara berkala

4. Luka Bakar
Beberapa pemilik mungkin memasang lampu di dalam kandang iguana. Pemasangan yang tidak tepat bisa menyebabkan lampu kontak dengan iguana. letakan lampu dengan jarak aman , tidak terlalu dekat, hanya cukup menjaga agar iguana hangat.

5. Infeksi Bakteri
Jika kita tidak bisa menjaga kesehatan kandang , iguana kita dapat terjangkit beberapa bakteri, kotoran iguana pun mengandung bakteri, kita harus mengganti alas secara berkala dan memandikan iguana.

6. Parasit
Parasit adalah penyebab umum kematian iguana. Parasit turut beredar dalam darah iguana atau berada di saluran pencernaan.

7. Infeksi Virus
Belum ada kepastian mengenai penyebab dan cara mengobati penyakit iguana yang disebabkan oleh virus.

8. Kegagalan Organ
Penyakit ini biasanya terjadi karena usia tua atau sebagai akibat dari infeksi bakteri, gejalanya yaitu, kembung, malas, kurang nafsu makan, bahkan bisa mati

9. Batu Kandung Kemih
Penyakit ini menyebabkan perut menjadi besar sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada iguana.

10. Telur Lengket
Penyakit ini terjadi pada iguana betina. Saat bertelur, iguana mengalami kesulitan mengeluarkan telur sehingga membutuhkan bantuan dari pemiliknya.

11. Jamur
Penyakit ini kerap menjangkiti iguana apabila kondisi kandang kurang bersih. ini sering dialami oleh semua iguana, karna lingkungan terlalu lembab dan kurang penghangat hingga jamur bebas tumbuh dimanapun, cara mengatasinya jika terjadi jamur, kita mandikan dengan air PK secara berkala, kemudian jemur di sinar matahari hingga kering, kemudan berikan salep jamur untuk manusia, oleskan tipis, jgn terlalu banyak , karna salep untuk manusia panas












Tidak ada komentar:

Poskan Komentar