Jumat, 16 November 2012

Cara Merawat Iguana

     Merawat iguana tidak seperti merawat kucing atau anjing dirumah, hewan ini pun lebih sulit ditangani dibandingkan leopard gecko, karena iguana tidak mempunyai cadangan makanan, saya pernah lupa memberi makan iguana saya seharian, ketika saya memberi makan, iguana saya pun seperti manusia yang tidak diberi makan, lemas namun galak karena marah tidak diberikan makanan, jadi kita memberikan makanan setiap hari, pagi dan siang hari, pada malam hari iguana tidur hingga ayam berkokok dipagi hari.

 
     Makanan iguana tidaklah sulit, kita hanya memberinya sayuran-sayuran hijau, seperti katuk, bayam, sawi, kangkung ,dll untuk buah-buahan nya iguana sangat menyukai pepaya, baik kita memberi pepaya secara berkala, karena pepaya memberi vitamin dan memberikan zat untuk memperkuat tulang pada iguana, namun iguana tidak membutuhkan genangan air di dalam kandang, karena sayur dan buah itu sudah mengandung air, boleh kita memberikan air, namun jika kita memberikan air di kandang ada resiko air itu tumpah, karena iguana sangat gesit jika didalam kandang.

     Mandikan iguana 1minggu 1x , agar terhindar dari penyakit dan bakteri, jamur pun mati, mandikan iguana dengan air hangat (bukan mendidih tapi hangat kuku), setelah dimandikan kita jemur iguana sekitar 15-20menit, lalu kembalikan lagi kekandang

     Kandang pun harus bersih, jangan sampai kotoran tidak dibersihkan, karena semua kotoran reptil mengandung bakteri samonela yaitu bakteri penyebab tipus, jadi kita harus bisa menjaga kesehatan kandang, karena itupun juga menjaga kesehatan sang pemilik, namun tidak usah takut, saya sudah memelihara iguana ini 1tahunan, namun alhamdulilah saya tidak pernah terjangkit tipus , karena saya merawat iguana saya dengan baik

4 komentar:

  1. oh, jika kotorannya mengandung bakteri penyebab tipus, apa tidak berbahaya buat keluarga kita?
    bakteri tipus kan mudah sekali menular?
    kalo anak anak mau bermain dengannya brarti tidak aman donk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman , asal iguana nya dibersihkan terlebih dahulu, karena setiap dimandikan menggunakan campuran air detol dan air hangat, dan setiap memegang iguana, harus membersihkan bagian tubuh yang terkena iguana, saya sudah lebih dari 3tahun memelihara reptil, alhamudlilah keluarga tidak pernah terjangkit virus tsb.

      Hapus
  2. Thanks infonya .. Sya punya iggy red.. Msih malu2 soalnya bru beli hehe..

    BalasHapus
  3. Bang kalau iguana di mandiin setiap hari boleh ga

    BalasHapus