Jumat, 23 November 2012

Jenis gigitan iguana

Ada beberapa jenis gigitan iguana, yang disengaja maupun yang sengaja, berikut beberapa gigitan yang saya ketahui.

  1. Gigian Tak Sengaja
    Biasanya terjadi ketika hand feed. Tidak perlu khawatir, tidak ada luka serius dari gigitan ini karena iguana sedang tidak bermaksud mengigit.

  2. Gigitan Menyelidik
    Iguana biasanya menyelidiki ketika ada sesuatu yang baru atau mencium bau yang tidak mereka kenali sebelumnya. Mereka akan menjulur2kan lidah dan gigit-gigit kecil, sambil mengamati sesuatu yang digigitnya itu akan menggigit balik atau tidak. Tidak ada tekanan khusus yang membahayakan pada gigitan jenis ini, jadi tak perlu khawatir.

  3. Gigitan Ketakutan
    Dalam keadaan takut ketika proses menjinakkan, biasanya iguana mengibaskan ekornya dan menggigit. Kekuatan gigitan jenis ini masih terhitung kecil dan bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

  4. Gigitan Teritorial
    Teritorial sangat penting dan segalanya bagi iguana. Punya iguana lebih dari satu merupakan ide yang buruk karena Anda akan selalu mengalami masalah terkait teritori. Ketika berada di luar habitat aslinya, iguana akan mencoba mendominasi Anda. Tindakan paling sederhana yaitu mendorongnya dan bilang “NO”! Pada situasi seperti ini, jangan biarkan ia duduk di atas kepala Anda atau lompat ke arah Anda. Dia harus tahu kitalah bossnya, dan jangan tunjukkan rasa takut padanya. Namun ketika agresi teritorial itu dilakukan di area kekuasaannya, lebih baik meningalkan dia sendiri beberapa saat sampai ia mereda. Biasanya iguana tidak akan berlama-lama dalam mood seperti ini. Ketika kita terpaksa HARUS memindahkan iguana dari tempatnya, lakukan dengan cepat dan langsung. Jangan
    beradu pandang, masuk-ambil-dan keluar, sedetikpun gak boleh bimbang/plin-plan/galau, just do it!

  5. Gigitan Kimpoi
    Ketika iguana sedang berada di musim kawin dan ingin main-main dengan Anda, dia akan menggigit Anda seperti ia menggigit-gigit iguana betina. Ini bukan gigitan yang terlalu berbahaya karena dia akan menahan gigitannya sampai selesai. Ketika Anda kaget dan mencoba untuk mendorongnya, dia akan semakin agresif dan menggigit lebih kencang. Tidak berguna memasukkan iguana dan tangan Anda ke dalam air ketika gigitan ini berlangsung, saya sudah mencobanya. Cara penanganannya yaitu dengan menyodorkan alkohol di bawah hidungnya. Kalau tidak berhasil juga, coba teteskan ke mulutnya. Kalau yang digigitnya itu pakaian Anda, tanggalkan perlahan dan jangan sampai melukai giginya. Pernah suatu waktu iguana saya menyerang dan menggigit baju saya ketika sedang nyetir mobil, saya menepi dan melepaskan baju saya kemudian meletakkannya dibawah dashboard sampai dia selesai.

  6. Serangan musim kawin
    Iguana jantan di musim kawin bisa sangat menggila dan mustahil bagi Anda untuk mendominasi mereka. Mereka bisa mengejar-ngejar Anda sampai berkeliling rumah untuk sekedar mengusir Anda keluar dari teritori mereka. Jika dia sampai menghampiri Anda, yang harus Anda lakukan yaitu menangkapnya dengan cepat dan memindahkannya ke tempat (kandang) dia atau menjauh dari hadapannya.

6 komentar:

  1. Baru pingin miara,tpi anakan nya satu ekor,,
    Tpi gatau lah ,kebayang2 gigit2an nya hhh

    BalasHapus
  2. Baru pingin miara,tpi anakan nya satu ekor,,
    Tpi gatau lah ,kebayang2 gigit2an nya hhh

    BalasHapus
  3. Ape sebab iguana tidak mahu makan..?

    BalasHapus
  4. Gausah takut Ama gigitan iguana, malah gw sengaja masukin tangan ke mulutnya pengen tau kyk apa, ternyata ga sakit, malah sakitan digigit bunglon Surai

    BalasHapus
  5. Apa sebab iquana mengeluarkkan lendir kental

    BalasHapus